Selasa, 03 April 2012

10 Makanan terbaik untuk otak


1.  Cokelat

            Hampir setiap orang suka cokelat. Tentu ini tak salah karena cokelat, baik yang dikonsumsi sebagai minuman atau makanan, tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak nutrisi bagi otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam cokelat jauh lebih kuat dibandingkan yang lainnya. Antioksidan utama dalam cokelat yaitu flavonols, berperan penting meningkatkan aliran darah ke otak.

2    2.       Ikan
Manfaat ikan bagi kesehatan sudah dikenal luas. Ternyata ikan juga sangat baik bagi otak karena mengandung banyak omega 3. Mengkonsumsi ikan secara teratur mengurangi risiko terkena alzheimer. Omega 3 juga menyediakan suplai oksigen melimpah ke otak sehingga dapat mengingat informasi baru selagi memproses ingatan lama. Jenis ikan yang sangat baik dikonsumsi adalah salmon dan tuna.

3.    Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang tanah, kemiri, kacang mede, kacang kenari, biji labu, dan biji bunga matahari, kaya akan omega 3 dan 6, asam folat, vitamin E, vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega 3 dan 6 juga berperan sebagai antidepresan alami sehingga membuat kita mampu berpikir lebih positif. Beberapa jenis kacang-kacangan dan biji-bijianjuga banyak mengandung tiamin dan magnesium.

      4.       Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti kubis, bayam, dan kangkung sangat baik bagi pertumbuhan anak dan dewasa. Kandungan vitamin B6, B12, dan asam folat di sayuran hijau mampu meningkatkan daya ingat dan memproses informasi yang telah kita pelajari sebelumnya. Kandungan vitamin ini merupakan kombinasi yang dibutuhkan otak untuk mengurangi penyakit lupa, bahkan alzheimer. Selain itu, sayuran hijau juga kaya zat besi.

      5.       Bumbu kari
Bumbu kari sangat berguna untuk menjaga kesegaran otak. Hal ini karena bahan baku utama kari adalah temulawak (kurkumin) yang sangat kaya antioksidan untuk mengurangi efek penuaan otak dan menjaga kemampuan fungsi kognitifnya saat beranjak tua. Antioksidan juga sangat baik mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh. Selain baik untuk otak, kari juga baik untuk mencegah diabetes dan sakit jantung.

      6.      Buah beri
Keluarga buah beri, seperti blueberries, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik dan belajar. Buah beri juga mengandung banyak anti oksidan yang membantu menjaga kesehatan otak. Mengkonsumsi buah beri ini secara rutin tiap hari dapat mengatasi atau mengurangi efek penuaan pada otak. Kandungan fisetin dan flavonoid membantu meningkatkan kemampuan ingatan.

7.       Teh, khususnya teh hijau
Banyak orang mengkonsumsi kopi di pagi hari. Nah, kini gantilah kebiasaan itu dengan secangkir teh. Seduhan teh hijau atau teh hitam yang masih hangat sangat baik untuk otak karena mengandung catechin. Jika tubuh anda pernah merasakan lelah dan malas berpikir, mungkin itu karena kekurangan asupan catechin untuk otak. Catechin berguna menjaga otak tetap tajam, segar, dan berfungsi optimal. Zat ini jugamampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan mengurangi kelelahan mental. Umumnya, khasiat teh hijau lebih baik dibandingkan teh hitam, tetapi  keduanya sama baiknya dikonsumsi.

      8.  Tiram


Salah satu makanan laut yang sangat baik bagi otak adalah tiram. Beragam penelitian telah membuktikan manfaat tiram bagi otak karena mengandung banyak zat besi dan seng yang membantu menjaga ketajaman otak dan meningkatkan kemampuan mengingat. Kekurangan seng dan zat besi dapat mengakibatkan distorsi ingatan , kurang konsentrasi , dan penyakit lainnya.

      9.       Telur
Saat beranjak tua, otak manusia cenderung mengecil karena mengalami apa yang disebut brain atrophy. Mengkonsumsi telur secara teratur dapat mengurangi efek proses alami ini. Telur mengandung banyak vitamin B12 dan letisin. Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang sering terlihat pada penderita alzheimer. Meskipun telur sangat baik bagi otak, tetapi akan menjadi tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Kuning telur dikenal mengandung banyak kolesterol, tetai juga memiliki kolin yang berperan membangun sel otak dan meningkatkankemampuan mengingat. Jadi, yang baik adalah mengonsumsi telur 1-2 butir per hari.

     10.   Gandum utuh
Gandum utuh bermanfaat meningkatkan aliran darah ke otak. Makanan ini sangat berguna untuk meningkatkan fungsi dan kerja otak karena mengandung banyak vitamin B6, yang tersusun antara lain oleh tiamin. Tiamin sangat baik guna meningkatkan kemampuan mengingat seseorang akan menurun tajam di usia akhir 60tahun atau awal 70 tahun. Oleh sebab itu, mengonsumsi gandum utuh baik bagi orang tua.
Dikutip dari amazing 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar